Karaoke
adalah hiburan bernyanyi dengan mempergunakan peralatan audio/video sebagai
latar belakang musik. Hiburan ini berasal dari Jepang. Kata "Karaoke"
menurut bahasa aslinya adalah sebuah singkatan dari: Kara dan Oke. Kara berarti
kosong sedangkan Oke berarti Orkestra. Karaoke berarti sebuah musik orkestra
yang kosong atau tidak dilengkapi dengan suara vokal.
Banyak
masyarakat yang suka bernyanyi (karaokean) karena bernyanyi tidak mengenal
musim sehingga kita tidak perlu kuatir suatu waktu manusia bosan bernyanyi.
Bernyanyi adalah hiburan pertama yang dianugerah oleh Tuhan YME untuk manusia
dan akan terus diminati manusia sepanjang peradabannya. Manusia dilengkapi
dengan kemampuan menciptakan lagu yang dinyanyikan dengan cara yang
berbeda-beda dari jaman ke jaman. Lagu-lagu baru ini akan selalu membuat
manusia untuk bernyanyi.
Oleh
karena mahalnya peralatan karaoke pada masa awal perkenalannya, hiburan karaoke
hanya dapat dimiliki oleh klub-klub malam yang mewah. Oleh karena itu, sejak
awal perkenalannya, masyarakat Indonesia mempunyai pengertian bahwa karaoke
identik dengan Klub Malam atau hiburan malam.
Karaoke Keluarga
Karaoke Keluarga adalah hiburan karaoke minus pernik-pernik
hiburan malam yang selama ini dikenal di Indonesia. Konsep ini bermaksud
mengembalikan pengertian hiburan karaoke ke pengertian aslinya, yaitu hiburan
bernyanyi.
Di Jepang dan Korea, konsep ini dikenal dengan nama Karaoke
Box. Konsumen harus membayar terlebih dahulu sewa ruangan karaoke. Membeli
minuman (bahkan makanan) melalui automatic vending machine Melalui berbagai
kiat self-service dan ditiadakannya pernik-pernik hiburan malam yang dapat
menghemat biaya keamanan, Karaoke Box mendapat sambutan yang luar biasa karena
bersih dan murah.
Perkembangan bisnis karaoke keluarga makin hari makin meningkat, terbukti di beberapa
kota besar tempat usaha bisnis karaoke tersebut makin banyak bermunculan, baik
yang berkelas biasa maupun yang sekelas hotel bintang lima.
Di
berbagai wilayah di Indonesia khususnya perkotaan, bisnis karaoke keluarga
makin marak dan mewabah. Hal tersebut dikarenakan bisnis ini bertujuan untuk
menarik keluarga yang ingin menikmati refreshing keluar rumah sambil menikmati
hidangan berupa makanan dan
minuman. Perkembangan bisnis karaoke keluarga makin hari makin
meningkat, terbukti di beberapa kota besar tempat usaha bisnis karaoke tersebut
makin banyak bermunculan, baik yang berkelas biasa maupun yang sekelas hotel
bintang lima. Semuanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan
hiburan bagi anggota keluarga atau sejenak melepas penat dari rutinitas
keseharian.
Banyak
tempat karaoke keluarga yang membuka usahanya tersebut pada malam hari. Namun,
hal tersebut bukan menjadi aturan pakem, karena Anda bisa juga membuka usaha
tersebut pada siang hari.
Karaoke
Keluarga bukan hiburan malam melainkan hiburan keluarga. Dari mulai denah
ruangan yang didesain dengan jendela kaca tembus pandang, desain interior yang
terang benderang, tidak disediakannya pendamping wanita dan tata cara pelayanan
yang sopan tapi tegas, serta Market Segment yang dibidik adalah konsumen yang
benar-benar datang ke tempat karaoke dengan tujuan semata-mata menyalurkan hobi
bernyanyinya, maka sebuah Karaoke Keluarga tidak pernah mengalami
masalah-masalah keamanan seperti hiburan malam.
Konsumen
Konsumen
target pada usaha ini adalah keluarga, baik itu orang tua, muda, bahkan
anak-anak yang ingin sejenak melepas penat tanpa harus pergi cukup jauh. Dan
kebanyakan usaha karaoke keluarga tersebut juga dibarengi dengan membuka usaha
lain yang masih berkaitan seperti kafe, restoran, dll.
Info Bisnis
Hal
awal yang harus Anda lakukan ketika ingin membuka usaha ini adalah tersedianya
lahan/ tempat yang cukup luas. Umumnya lokasi yang memadai untuk digunakan
bisnis karaoke sekitar 200 m2 untuk 3 bilik, perhatikan pula lahan
parkir yang representatif untuk menampung kendaraan pelanggan.
Kemudian
Anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, antara lain peredam suara,
pemutar CD/ DVD, TV, mic, meja
dan kursi, sofa, sound
system, kaset (pop, anak-anak, rock, jazz, dangdut, dll). Sediakan pula
peralatan untuk resepsionis seperti rak, meja, kursi, dll.
Disamping
itu Anda juga perlu memikirkan tentang makanan dan minuman ringan yang harus dibarengi dengan
perlengkapannya. Dengan menyediakan makanan dan minuman, selain bisa memberikan
tambahan omset juga membuat konsumen lebih nyaman dan betah berlama – lama
untuk berkaraoke.
Untuk
harga sewa per bilik per jamnya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Biasanya
harga sewa di malam hari, lebih mahal dari harga sewa di siang hari. Belum lagi
bila ada konsumen yang ingin merekam suaranya dalam CD, bisa kita tarik harga
rekaman tiap jamnya Rp 20.000 sampai RP 50.000.
Kelebihan bisnis
Masyarakat
perkotaan yang membutuhkan hiburan namun tidak ingin pergi berlibur ke tempat
jauh, biasanya lebih memilih tempat karaoke untuk menghilangkan kepenatan
mereka. Oleh karena itu prospek bisnis karaoke masih sangat besar, dan minat
para konsumen di tiap kota pun semakin tinggi. Sehingga peluang pasar bisnis
ini juga semakin hari semakin meningkat, dan memberikan keuntungan dan
kemudahan dalam memasarkan bisnis ini.
Kekurangan Bisnis
Selain
kelebihan, bisnis karaoke juga memiliki kendala. Salah satunya yaitu bisnis ini
membutuhkan modal yang cukup besar, dan BEP-nya pun mungkin cukup lama.
Sehingga untuk menjalankan bisnis ini, dibutuhkan perhitungan modal dan konsep
yang tepat agar bisnis ini tidak merugi. Kendala selanjutnya yaitu tingginya
persaingan pasar, karena saat ini di kota – kota besar sudah banyak bisnis
karaoke yang bermunculan.
Pemasaran
Pembagian
brosur dan pamflet di sekitar lokasi usaha, menjadi salah satu strategi
pemasaran yang dapat dicoba. Bila perlu lakukan promosi dengan memasang iklan
di berbagai media massa, sehingga masyarakat luas mengetahui keberadaan bisnis
Anda.
Strategi pemasaran juga dapat dicoba dengan memasang
papan nama dengan ukuran besar, disekitar lokasi. Sehingga orang yang melewati
kawasan tersebut mengetahui adanya bisnis karaoke tersebut. Namun jika Anda
menghendaki banyak orang mengetahui bisnis Anda secara langsung, bisa dilakukan
dengan cara mengadakan lomba karaoke dengan hadiah tertentu. Sehingga
masyarakat luas khususnya yang ingin mengikuti lomba tersebut, mengenali bisnis
karaoke tersebut.
Kunci sukses
Kunci
keberhasilan dalam membuka usaha karaoke keluarga adalah kenyamanan tempat (desain interior), kelengkapan
makanan dan minuman, jumlah tempat/ bilik yang tersedia serta mutu dari
peralatan dan pelayanan yang diberikan. Semakin banyak variasi lagu yang Anda
tawarkan, maka semakin banyak pula konsumen yang senang berkunjung ke tempat
karaoke tersebut. Rasa nyaman yang diperoleh konsumen, akan membuat mereka
kembali lagi ke tempat karaoke keluarga yang Anda miliki.
Semuanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan
hiburan bagi anggota keluarga atau sejenak melepas penat dari rutinitas
keseharian, dengan banyaknya orang –orang yang mencari hiburan khususnya
karaoke Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang Anda, Anda bisa menjadikan
bisnis karaoke keluarga sebagai jalan anda menuju sukses, untuk analisanya Anda
adalah sebagai berikut :
Analisa
Ekonomi
Modal
awal
Sewa tempat Rp 20.000.000
Sound system, TV, VCD/ DVD, mic, dll (3 bilik) Rp 50.000.000
Peredam suara, meja dan kursi, dll Rp 40.000.000
Renovasi ruangan Rp 15.000.000+
Total Rp
125.000.000
Penyusutan
peralatan setelah pemakaian 2 tahun ( 24 bulan )
=
1/24 x Rp 90.000.000 = Rp
3.750.000
Biaya
operasional
Gaji pegawai 4 orang @ 800.000 x 4 orang Rp 3.200.000
Listrik Rp 1.500.000
Biaya promosi dan telepon Rp 1.000.000
Snack,makanan dan minuman Rp 3.000.000
Biaya penyusutan Rp 3.750.000+
Total Rp
12.450.000
Omzet
per bulan
Omset
per hari
Rp 50.000/jam x 8 jam x 3 bilik = Rp 1.200.000
Omset per bulan
Rp 1.200.000 x 26 hari = Rp 31.200.000
Laba per bulan
Rp 31.200.000 – Rp 12.450.000 = Rp 18.750.000
ROI
(Return of Investment)
(
modal awal : laba bersih per bulan )
= ± 7 bulan
artikel yang bagus gan. maju terus gan.
BalasHapusvisitback y gan
http://dananxkusuma.blogspot.com/