Minggu, 29 April 2012

Membuka Usaha Karaoke Keluarga

Tentang Karaoke
Karaoke adalah hiburan bernyanyi dengan mempergunakan peralatan audio/video sebagai latar belakang musik. Hiburan ini berasal dari Jepang. Kata "Karaoke" menurut bahasa aslinya adalah sebuah singkatan dari: Kara dan Oke. Kara berarti kosong sedangkan Oke berarti Orkestra. Karaoke berarti sebuah musik orkestra yang kosong atau tidak dilengkapi dengan suara vokal.
Banyak masyarakat yang suka bernyanyi (karaokean) karena bernyanyi tidak mengenal musim sehingga kita tidak perlu kuatir suatu waktu manusia bosan bernyanyi. Bernyanyi adalah hiburan pertama yang dianugerah oleh Tuhan YME untuk manusia dan akan terus diminati manusia sepanjang peradabannya. Manusia dilengkapi dengan kemampuan menciptakan lagu yang dinyanyikan dengan cara yang berbeda-beda dari jaman ke jaman. Lagu-lagu baru ini akan selalu membuat manusia untuk bernyanyi.
Oleh karena mahalnya peralatan karaoke pada masa awal perkenalannya, hiburan karaoke hanya dapat dimiliki oleh klub-klub malam yang mewah. Oleh karena itu, sejak awal perkenalannya, masyarakat Indonesia mempunyai pengertian bahwa karaoke identik dengan Klub Malam atau hiburan malam.
Karaoke Keluarga
Karaoke Keluarga adalah hiburan karaoke minus pernik-pernik hiburan malam yang selama ini dikenal di Indonesia. Konsep ini bermaksud mengembalikan pengertian hiburan karaoke ke pengertian aslinya, yaitu hiburan bernyanyi.
Di Jepang dan Korea, konsep ini dikenal dengan nama Karaoke Box. Konsumen harus membayar terlebih dahulu sewa ruangan karaoke. Membeli minuman (bahkan makanan) melalui automatic vending machine Melalui berbagai kiat self-service dan ditiadakannya pernik-pernik hiburan malam yang dapat menghemat biaya keamanan, Karaoke Box mendapat sambutan yang luar biasa karena bersih dan murah.
Perkembangan bisnis karaoke keluarga makin hari makin meningkat, terbukti di beberapa kota besar tempat usaha bisnis karaoke tersebut makin banyak bermunculan, baik yang berkelas biasa maupun yang sekelas hotel bintang lima.

Di berbagai wilayah di Indonesia khususnya perkotaan, bisnis karaoke keluarga makin marak dan mewabah. Hal tersebut dikarenakan bisnis ini bertujuan untuk menarik keluarga yang ingin menikmati refreshing keluar rumah sambil menikmati hidangan berupa makanan dan minuman. Perkembangan bisnis karaoke keluarga makin hari makin meningkat, terbukti di beberapa kota besar tempat usaha bisnis karaoke tersebut makin banyak bermunculan, baik yang berkelas biasa maupun yang sekelas hotel bintang lima. Semuanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan hiburan bagi anggota keluarga atau sejenak melepas penat dari rutinitas keseharian.
Banyak tempat karaoke keluarga yang membuka usahanya tersebut pada malam hari. Namun, hal tersebut bukan menjadi aturan pakem, karena Anda bisa juga membuka usaha tersebut pada siang hari.
Karaoke Keluarga bukan hiburan malam melainkan hiburan keluarga. Dari mulai denah ruangan yang didesain dengan jendela kaca tembus pandang, desain interior yang terang benderang, tidak disediakannya pendamping wanita dan tata cara pelayanan yang sopan tapi tegas, serta Market Segment yang dibidik adalah konsumen yang benar-benar datang ke tempat karaoke dengan tujuan semata-mata menyalurkan hobi bernyanyinya, maka sebuah Karaoke Keluarga tidak pernah mengalami masalah-masalah keamanan seperti hiburan malam.
Konsumen
Konsumen target pada usaha ini adalah keluarga, baik itu orang tua, muda, bahkan anak-anak yang ingin sejenak melepas penat tanpa harus pergi cukup jauh. Dan kebanyakan usaha karaoke keluarga tersebut juga dibarengi dengan membuka usaha lain yang masih berkaitan seperti kafe, restoran, dll.
Info Bisnis
Hal awal yang harus Anda lakukan ketika ingin membuka usaha ini adalah tersedianya lahan/ tempat yang cukup luas. Umumnya lokasi yang memadai untuk digunakan bisnis karaoke sekitar 200 m2 untuk 3 bilik, perhatikan pula lahan parkir yang representatif untuk menampung kendaraan pelanggan.
Kemudian Anda harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, antara lain peredam suara, pemutar CD/ DVD, TV, mic, meja dan kursi, sofa, sound system, kaset (pop, anak-anak, rock, jazz, dangdut, dll). Sediakan pula peralatan untuk resepsionis seperti rak, meja, kursi, dll.
Disamping itu Anda juga perlu memikirkan tentang makanan dan minuman ringan yang harus dibarengi dengan perlengkapannya. Dengan menyediakan makanan dan minuman, selain bisa memberikan tambahan omset juga membuat konsumen lebih nyaman dan betah berlama – lama untuk berkaraoke.
Untuk harga sewa per bilik per jamnya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Biasanya harga sewa di malam hari, lebih mahal dari harga sewa di siang hari. Belum lagi bila ada konsumen yang ingin merekam suaranya dalam CD, bisa kita tarik harga rekaman tiap jamnya Rp 20.000 sampai RP 50.000.
Kelebihan bisnis
Masyarakat perkotaan yang membutuhkan hiburan namun tidak ingin pergi berlibur ke tempat jauh, biasanya lebih memilih tempat karaoke untuk menghilangkan kepenatan mereka. Oleh karena itu prospek bisnis karaoke masih sangat besar, dan minat para konsumen di tiap kota pun semakin tinggi. Sehingga peluang pasar bisnis ini juga semakin hari semakin meningkat, dan memberikan keuntungan dan kemudahan dalam memasarkan bisnis ini.
Kekurangan Bisnis
Selain kelebihan, bisnis karaoke juga memiliki kendala. Salah satunya yaitu bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar, dan BEP-nya pun mungkin cukup lama. Sehingga untuk menjalankan bisnis ini, dibutuhkan perhitungan modal dan konsep yang tepat agar bisnis ini tidak merugi. Kendala selanjutnya yaitu tingginya persaingan pasar, karena saat ini di kota – kota besar sudah banyak bisnis karaoke yang bermunculan.
Pemasaran
Pembagian brosur dan pamflet di sekitar lokasi usaha, menjadi salah satu strategi pemasaran yang dapat dicoba. Bila perlu lakukan promosi dengan memasang iklan di berbagai media massa, sehingga masyarakat luas mengetahui keberadaan bisnis Anda.
Strategi pemasaran juga dapat dicoba dengan memasang papan nama dengan ukuran besar, disekitar lokasi. Sehingga orang yang melewati kawasan tersebut mengetahui adanya bisnis karaoke tersebut. Namun jika Anda menghendaki banyak orang mengetahui bisnis Anda secara langsung, bisa dilakukan dengan cara mengadakan lomba karaoke dengan hadiah tertentu. Sehingga masyarakat luas khususnya yang ingin mengikuti lomba tersebut, mengenali bisnis karaoke tersebut.
Kunci sukses
Kunci keberhasilan dalam membuka usaha karaoke keluarga adalah kenyamanan tempat (desain interior), kelengkapan makanan dan minuman, jumlah tempat/ bilik yang tersedia serta mutu dari peralatan dan pelayanan yang diberikan. Semakin banyak variasi lagu yang Anda tawarkan, maka semakin banyak pula konsumen yang senang berkunjung ke tempat karaoke tersebut. Rasa nyaman yang diperoleh konsumen, akan membuat mereka kembali lagi ke tempat karaoke keluarga yang Anda miliki.
Semuanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan hiburan bagi anggota keluarga atau sejenak melepas penat dari rutinitas keseharian, dengan banyaknya orang –orang yang mencari hiburan khususnya karaoke Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang Anda, Anda bisa menjadikan bisnis karaoke keluarga sebagai jalan anda menuju sukses, untuk analisanya Anda adalah sebagai berikut :

Analisa Ekonomi

Modal awal
Sewa tempat                                                                                       Rp   20.000.000
Sound system, TV, VCD/ DVD, mic, dll (3 bilik)                             Rp   50.000.000
Peredam suara, meja dan kursi, dll                                                     Rp   40.000.000
Renovasi ruangan                                                                                Rp   15.000.000+
Total                                                                                                   Rp 125.000.000

Penyusutan peralatan setelah pemakaian 2 tahun ( 24 bulan )
= 1/24 x Rp 90.000.000          = Rp 3.750.000

Biaya operasional
Gaji pegawai 4 orang @ 800.000 x 4 orang                                       Rp   3.200.000
Listrik                                                                                                  Rp   1.500.000
Biaya promosi dan telepon                                                                 Rp   1.000.000
Snack,makanan dan minuman                                                            Rp   3.000.000
Biaya penyusutan                                                                                Rp   3.750.000+
Total                                                                                                   Rp 12.450.000

Omzet per bulan
Omset per hari
Rp 50.000/jam x 8 jam x 3 bilik          =          Rp 1.200.000
Omset per bulan
Rp 1.200.000 x 26 hari                       =          Rp 31.200.000

Laba per bulan
Rp 31.200.000 – Rp 12.450.000         =          Rp 18.750.000

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan )        =       ± 7 bulan

1 komentar:

  1. artikel yang bagus gan. maju terus gan.

    visitback y gan
    http://dananxkusuma.blogspot.com/

    BalasHapus

 

Get Money

no-minimum.com

Paid To Promote