Selasa, 05 Februari 2013

Tips Merawat Perangkat Android



Memiliki ponsel Android layaknya memiliki komputer dalam genggaman tangan. Selain mampu menyuguhkan fitur yang kaya dan variatif, patut diingat bahwa perawatan juga diperlukan agar ponsel Android dapat bekerja secara maksimal, tidak lelet dan terjangkit virus. Jika pengguna tidak merawat ponsel dengan baik, maka jangan heran bila perangkat tersebut akan jadi lambat dan kurang responsif. Untuk merawat agar ponsel Android tetap dalam kondisi yang maksimal dan performa yang baik, berikut ini beberapa tips sederhana merawat perangkat.
1.      Hapus / Kosongkan Cache
Cache merupakan log aktivitas aplikasi yang dijalankan, yang kalau dibiarkan menumpuk maka akan membuat RAM menjadi penuh sehingga kinerja ponsel menjadi lemot. Hal terbaik adalah melakukan penghapusan cache. Caranya masuk ke menu Setting – Applications. Di dalam menu tersebut akan ada pilihan Manage Applications, yang jika dibuka akan terlihat aplikasi yang sudah diinstal. Hapuslah cache dari aplikasi yang diinginkan. Penghapusan Cache ini tidak akan menghapus data-data yang ada di ponsel Android.
2.      Hapus/Uninstal Aplikasi
Sama halnya dengan komputer, menginstal banyak aplikasi akan mempengaruhi kecepatan kerja ponsel. Maka ada baiknya bila pengguna bisa selektif dalam meilih aplikasi yang akan dipasang. Pilih Aplikasi yang benar-benar dibutuhkan, dan hapus aplikasi yang sekiranya tidak menunjang produktivitas. Caranya masuk
ke menu Setting – Applications – Manage Applications, dan pilih aplikasi mana yang akan dihapus.
3.      Format Memory Card
Kartu memori merupakan tempat penyimpanan data-data yang dibutuhkan. Namun semakin banyak data yang disimpan dalam ponsel, tentu saja akan membuat kinerja ponsel semakin berat. Disarankan pengguna sekali-kali mem-format memory card atau memindahkan data-data pada back up di komputer.
4.      Manfaatkan Task Manager
Seperti halnya pada komputer, terkadang di ponsel Android terdapat aplikasi yang lag/hang, nah untuk “mematikan” aplikasi yang sedang berjalan, pengguna membutuhkan aplikasi Task Kill Manager. Aplikasi yang berfungsi layaknya Windows Task Manager pada perangkat komputer ini bisa diperoleh secara gratis di Google Play Store.
5.      Rooting
Rooting berarti pengguna memperoleh akses sepenuhnya terhadap semua system dalam ponsel Android miliknya. Tips ini memungkinkan pengguna ponsel untuk menghapus aplikasi bawaan vendor, dan melakukan upgrade tanpa harus menunggu persetujuan vendor. Dengan begitu performa ponsel akan lebih fresh dan kencang.
**Catatan: yang perlu diingat, ketika Anda melakukan rooting, berarti garansi tidak akan berlaku lagi.
Selain kelima langkah aman tersebut, pengguna juga bisa melakukan langkah ekstrim yaitu hard atau factory reset. Caranya ialah masuk ke menu Setting – Privacy Settings. Di dalam menu tersebut terdapat pilihan untuk melakukan factory data reset. Risikonya seluruh data akan hilang dan Anda harus melakukan pengaturan sistem dari awal. Semoga tips dalam merawat perangkat Android ini bisa bermanfaat untuk anda.

Sumber: Gondroid.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Get Money

no-minimum.com

Paid To Promote